Skip to main content

Keindahan Candi Sambisari


Candi sambisari terletak di Desa Sambisari kelurahan purwo, kecamatan kalasan, kabupaten sleman. Candi sambisari pertama kali ditemukan pada bilan Juli 1966 oleh seorang petani yang sedang mencangkul salah satu bagian batu candi yang terukir. Setelah penelitian ternyata temuan tanpa sengaja tersebut merupakan bagian kecil dari sebuah gugusan candi yang terpendam hingga 6.5-7m di dalam tanah akibat adanya endapan lahar vulkanis dari Gunung Merapi.

Pada bulan September 1966 untuk perama kalinya dilakukan kegiatan penelitian sistematis berupa ekskavasi arkeologis yang dilaksanakan oleh kantor cabang I lembaga peninggalan purbakala nasional di Prambanan dengan dibantu oleh para mahasiswa arkeologi fakultas sastra Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Tahun 1975 hingga 1977, akhirnya kegiatan para peneliti ini berhasil menampakkan satu buah bangunan induk dan tiga buah candi perwara.

Kondisi candi-candi tersebut sudah dalam keadaan runtuh, kecuali pada bagian kaki, sebagian pagar langka dan sebagian tubuh masih dalam konsisi asli. Candi Sambisari merupakan candi Hindu yang dibangun sekitar abad 9 Masehi. Bangunan ini kemudian menghilang karea tertimbun endapan lahar Merapi. Di tahun 1986 pemugaran candi Sambisari telah usai. Bangunan Camdi Sambisari merupakan kelompok percandian yang terdiri dari candi induk dan tiga buah candi perwara di depannya. Candi induk menghadap ke arah barat dengan denah berbentuk persegi berukuran 13.65 x 13,65 m dengan tinggi 7.5 m.

Hal yang menarik dari candi ini adalah dijumpainya batu-batu pipih semacam umpak di sepanjang selanya. Batu-batu tersebut mempunyai tonjolan benbentuk bulat dan persegi. Pada sisi luar tubuh candi induk terdapat relung-relung yang ditempati beberapa arca, yakni arca Durga, arca ganesha dan arca agstyas untuk dua buah arca di pintu masuk yakni mahkala dan nandiswra. Untuk memasuki area ini hanya membayar lima ribu rupiah. Saat memasuki area percandian terdapat bangunan tangga yang cukup curam namun begitu, wisatwan tetap semangat untuk pergi bertemu dengan candi-candi lain yang unik dan memiliki keindahan tersendiri bagi setiap wisatwan yang datang.