Skip to main content

Segarnya Es Oyen Bikin Ketagihan


Minuman tradisional kini memerlukan pelestarian sehingga dapat bersain dengan minuman-minuman yang datang dari luar negeri yang diadaptasi oleh negara Indonesia. Minuman tradisional yang ada dan masih banyak dinikmati oleh masyarajat adalah es oyen. Es yang merupakan es yang cukup tersohor dan erkenal di kota Bandng ini ternyata sudah ada di banyak kota-kota lain selain Bandung, es ini dapat ditemukan salag satunya di kota Besar seperti kota Jakarta.

Es oyen ini memiliki isian yang mirip dengan es campur isinya yang komplit ini mmebuat masyarakat masih menggemari minuman tradional ini, isiannya mulai dari pacar cina, kelpaa muda, kolang-kaling, nangka dan alpukat. Diberi serutan es plus susu di atas sajian minuman tersebut membuat es oyen ini semakin segar untuk disantap. Es ini merupakan es yang berasal dari kota Bandung dan sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan dijual oleh seorang yang mmeiliki burung yang dapat berkicau mirip dengan kata oyen oleh karena itu minuman tersebut dinamakan dengan nama es oyen, meskipun tidak ada yang tahu betul bahwa cerita tersebut mengandung kebenaran cerita tersebut sudah beredar dari masyarakat satu ke masyarakat yang lain. Rasa kuah yang manis menciptakan sensasi yang sangat menguggah selera dan sangat segar untuk disantap.

Es oyen yang sangat murah dan menyegarkan ini merupakan minuman tradisional yang masih menjadi minuman favorit para remaja bahkan orang dewasa. Es oyen ini bahkan lebih banyak dikunjungi pada siang hari ketika cuaca sedang pans-panasnya, minuman ini sangat cocok untuk situasi seperi itu. Sekarang tidak sulit menemukan pedagang es oyen hampir di seluru pinggir jalan akan dapat menemukan es oyen tersebut. Selain sebagai pelepas dahaga rasanya yang segar manis dan nikmat juga menjadi alasan mengapa masyarakat Bandung menyukai es yang satu ini. Bahan utamanya ialah es dan pacar cina baik yang berbentuk seperti nulir padi ataupun bulat namun juga tentunya dilengkapi dengan bahan campuran lain agar lebih nikmat disantap.

Oldest Post