Skip to main content

Tumis ala Prancis


Menumis adalah cara memasak makanan pada wajan menggunakan sedikit minyak atau lemak oanas dan dimasak dalam waktu singkat untuk mendapatkan tingkat kematangan yang merata dan warna yang menarik, kata menumis berasal dari bahasa Prancis Sauter yang berarti langsung. Makanan yang akan ditumis umumnya telah dipotong kecil atau berupa irisan tipis sehingga mempermudah dan mempercepat proses memasak.

Minyak atau lemak panas yang menempel pada makanan akan mendistribusikan panas yang menmpel pada makanan walaupun proses menumis telah berhenti. Salah satu metode memasak menumis sangat populer pada pelayanan ala prancis adalah warna makanan terlihat lebih menarik dan rasa makanan yang telah matang akan terasa renyah serta mengandung banyak gizi, vitamin dan protein. Selain itu, proses penyajian tumisan hanya memerlukan waktu lima sampai sepuluh menit untuk satu porsi makanan.

Jenis makanann yang dapat dimasak secara tumis yaitu bahan makanan yang berbahan lembek, daging dengan potongan cincang atau dicincang secara halus, ikan, terutama yang ukurannya kecil atau yang sudah berbentuk fillet, semua jenis seafood seperti cumi-cumi, udang kecil, dan udang galah, sayuran segar juga telur. Bahan-bahan yang digunakan para proses menumus adalah minyak zaitun atau mentega, minuman yang mengandung alkohol, seperti red wine atau white wine.

Penggunaan minuman beralkohon pada proses menumis ala prancis adalah untuk makanan berbahan dasar daging dengan cara flambe. Tahapan yang dilakukan ketika memasak dengan cara menumis adalah panaskan wajan, kemudian tuangkan minyak zaitun atau mentega, masukkan bahan makanan yang akan dimasak tambahkan bumbu makanan ke dalam wajan, tutup beberapa saat hingga keluar cairan dari makanan tersebut, tumis bahan makanan tersebut hingga tercium aromanya.

Proses menumis makanan yang menggunakan minuman beralkohol pada wajan sesuai resep, tempatkan wajan kembali ke sumber panas dan laukan proses menulis dengan cara flambe, setelah itu tambahkan sauce yang duperlukan ke dalam wajan lalu lakukan dengan menyiram sauce secara berkala ke seluruh permukaan makanan sehingga rasa dan warna makanan akan terasa lebih baik.