Skip to main content

Kenikmatan Minuman Tradisional Wedang uwuh


Minuman tradisional memang berjaya pada masanya, bukan hanya sebagai kekayaan pada bidang kuliner yang mencerminkan bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya namun juga sebagai salah satu obat bagi penyakit-penyakit tertentu sebab menggunakan bahan-bahan alami dari rempah-rempah yang dimiliki oleh negara Indonesia.

Salah satu minuman tradisional adalah wedang uwuh, wedang uwuh adalah ramuan tradisional yang terbuat dari rempah alami yang juga sudah turun temurun diwariskan bahkan sejak raja mataram masih ada.

Wedang uwuh juga sebagai minuman tradisional yang dimiliki oleh kota Yogyakarta yang terbuat dari rempah-rempah alami dengan aroma yang menyegarkan serta ciat rasa rempah yang sangat khas dengan herbal yang unik dan nikmat juga kaya akan khasiat untuk kesehatan tentunya.

Wedang uwuh ini konon berasal dari kisah Sultan Agung sebagai raja mataram di kota Yogyakarta. Ceritanya pada saat itu sultan agung bersama pengawalnya mencari tempat yang akan dijadikan sebagai tempat bagi pemakaman keluarga Raja.

Pada malam itu raja meminta salah seorang pengawal untuk membuatkan minuman sebagai obat untuk menghangatkan tubuh, sang pengawa bergegas mencari rempah-rempah yang berkhasiat sebagai penghangat tubuh oleh karena itu terciptalah wedang uwuh yang juga sangat disukai oleh sang raja.

Ketika ingin mmebuat wedang uwuh sendiri di rumah dapat dilakukan dengan menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu yaitu, 500 ml air, 40 g serutan kayu secang kering, 20 g gula batu/ gula pasir, 6 cm jahe memarkan, 2 lembar daun kayu manis kering, 3 lembar daun cengkeh kering, 3 lembar daun pala kering, 10 butir cengkis/batang cengkih kering.

Cara pembuatannya dengan merebus aor dalam panci dan memasukkan seluruh bahan ke dalam air yang sudah mendidih lalu direbuh kurang lebih selama 15 menit angkat dan saring, tuangkan ke dalaam gelas dan hidangkan selagi hangat.

Konon katanya wedang uwuh juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh yaitu dapat menyembuhkan batuk ringan, menyembuhkan pegal-pegal, perut kembung dan masuk angin, menyembukan kolestrol, dapat juga sebagai obat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.