Skip to main content

Kota Hoi An, Vietnam


Di kota kecil Hoi An, di negara sebelah yaitu Vietnam. Di negara tersebut ada sebuah kawasan yang berisi ruko-ruko tua. Umumnya bercat kuning, berlanggam kolonial, rumah yang kebih tua terbuat dari papan bercat hitam dan berhias lampion digantung berjajar-jajar di atap teras. Jalanannya sempit, selbar lima meter tidak boleh dilalui mobil, hanya boleh dilalui oleh pejalan kaki, sepeda motor dan sepeda.

Kawasan ini dinamai Kota Tua Hoi An. Luas wilayahnya sekitar 60 kilometer persegi terdiri atas sembilan distrik dua desa di daratan dan satu desa pulau di Kepulauan Cham. Jumlah penduduk Hoi An 121 ribu jiwa. Kebudayaan Hoi An sudah melalui banyak masa yakni sejak prasejarah (hingga abad ke-2), Champa (abad k 2 hingga k 15), hingga Dai Vet (Abad ke 15 hingga ke 19) di masa prasejarah (zaman perunggu) kota ini disebut Sa Huynh.

Berikutnya, daerah ini didiami masyarakat Champa yang berasal dari tanah Jawa membentuk Kerajaan Champa di pesisir Semenanjung Indonesia bagian tengah. Orang Champa sangat mahir dalam urusan transportasi sungai dan laut dan akrab dengan perdagangan laut internasional. Merekalah yang pertama menemukan khasiat sarang burung walet dan menjadikanya komoditas ekspis, menggali sumur serta membuat sawah berjenjang-jenjang yang masih digunakan hingga kini.

Pada abad pertama, Hoi An adalah pelabuhan terbesar di Asia Tenggara dengan nama Lam Ap Pho (Kota Champa). Negeri ini memiliki produk andalan sutra, keramik, gading, cendana, gula, emas, sarang burung walet, rumah kura-kura dan ikan. Dari hasil temuan reruntuhan kapal, terbukti bahwa kearmik Vietnam diangkut dari Hol An hingga ke Sinai, Mesir. Masa keemasan Champa adalah sepanjang abad ke 7 hingga ke 10, ketika kerajaan ini jadi penentu strategi perdagangan rempah-rempah antar negara.

Bangsa Eropa pertama yang berdagang dengan Vietnam adalah bangsa Portugis, pada abad ke 15. Pada masa itu, walaupun bahasa Portugis digunakan sebagai bahasa perdagangan di sejumlah pelabuhan Asia Tenggara bahasa Melayu tetap dipakai Ho An.