Skip to main content

Keindahan Pantai Cibobos


Wisata di Indonesia ternyata banyak sekali yang belum terekspos salah satunya ialah pantai Cibobos. Pantai cibobos ini memiliki potensi alam yang sangat bagus, panjang pantai ini sekiar 30 km yang dilalui oleh jalan raya yang konon terpanjang di pulau jawa. Kalau kita melihat pantai ini seakan kita teringat pantai kuta di Bali atau pesisir batu karang di lombok. Namun, yang menjadi pembeda adalah keperawannanya. Airnya yang jernih serta tidak terdapatnnya sampah di sepanjang pantai menjadi ciri tersendiri bagi pantai ini.

Pantai cibobos ini terdapat di kota Banten Selatan tepatnya di Kabupaten Lebak Banteng. Pantai Cibobos melewati beberapa kecamatan dari Cihara, Panggarangan, dan berakhir di kecamatan Bayah. Jika kita sedang memakai kendaraan di jalur ini maka senasi pantailah hembusan angin kencang dan suara deburan ombaklah yang akan menemani perjalanan kita. Pantai ini terletak kurang lebih 90 km dari ibu kota kabupaten Lebak Rangkasblitung, 140 km dari ibu kota provinsi banten dan 280 km dari ibu kota negara, Jakarta, namun jika kita mau melewati pelabuhan Ratu.

Jarak dari sukabumi kurang lebih 145 km dan dari pelabuhan ratu 85 km. Jika kita mau pergi ke sana melalui jalur Rangkasblitung, maka transportasi yang akan mengangkut jalur kita adalah mikrobus jenis els jurusan Rangkasblitung-cikotok yang terminalnya terdapat di terminal mandala Rengkasblitung. Kendaraan ini sangat terbatas hanya sampai pukul 16.00 WIB berangkat dari terminal. Di atas jam tersebut, jangan harap akan ada angkutan umum ini mengingat jarak tempuh yang sangat jauh. Sepanjang perjlanan tersebut pemandangan yang ada hanyalah hutan hujan dan perkebunan sawit.

Sedangkan rumah, pasar, toko dan perkantoran hanya sesekali jika elf berhenti di tempat-tempat yang menjadi pangkalan turun angkut muatan biasanya berhenti sejenak di beberapa kecamatan yang dilalui. Sebuah ahmparan kaca raksasa yang melukis langit Samudera Hindia, hutan, bukit dan awan dengan segenap ketenangannya, menghanyutkanku pada sinopsis ilahi. Betapa dalam lima jam lebih perjalanan ini akan dipertemukan dengan keindahan alam banten selatan.